kali ini Izzul Mau pos emm Menu Menu
silahkan di pelajar dan didalami ilmunya
2.1 Sejarah Menu
Menurut Jumbadi, ( 1997 : 8 ), sejarah menu dimulai abad ke-18. Pada abad
ini, daftar Daftar makanan ditulis sangat sederhana dan biasanya dipajangkan
dipintu restoran. Daftar menu Makanan yang sangat singkat ini disebut : “ ESCRITEAU”.
Menurut Na’ immuddin D.P dan Mhd.
Yunus ( 1998 : 42 ), Menu
berasal dari bahasa Perancis yaitu “ MENUTE”
yang pada mulanya merupakan undangan yang di buat oleh Kalangan bangsawan
Perancis untuk kerabat ataupun relasi agar menghadiri jamuan yang
Diselenggarakan mereka. Pada tahun 1541 Duke
of Bruncswick menuliskan semua macam
Makanan yang disajikan pada jamuannya, didalam undangan ( MENUTE ) yang dikirimkan.Pengistilahan Menu sesuai pengertian yang
kita kenal sekarang ini mulai populer setelah berlangsungnya Revolusi Perancis.
Beberapa saat kemudian, daftar makanan
dan minuman berkembang sangat pesat dengan variasi makanan yang dicantumkan
pada daftar makanan yang makin lama semakin banyak. Daftar makanan ini kenal
dengan nama “MENU”. Akhirnya menu
berfungsi sebagai daftar makanan yang dapat dipesan pada saat itu dan data
dipesan dan dinikmati pada hari itu.
7
Dalam sebuah
restoran dikenal bermacam-macam jenis menu.Menu tersebut menandakan apa yang
akan anda peroleh dari restoran tersebut,termaksuk pelayanan,jenis makanan dan
harganya.
Dalam sebuah restoran dikenal macam-macam
jenis menu.Menu tersebut menandakan apa yang akan anda peroleh dari restoran
itu,termaksuk pelayanan,jenis makanan dan harganya.Charles J. Metelka dalam bukunya yang berjudul "The Dictionary Of Hospitalily,Travel and
Tourism",menuliskan bahwa :
"Menu is list of prepared food items available in a restaurant"
yang artinya bahwa menu adalah daftar makanan yang telah tersedia sudah
dipersiapkan didalam restoran itu. Menurut Jumbadi
, ( 1.997 : 9-10 ),Pengertian istilah menu jika ditinjau dari beberapa
sudut pandang dapat diartikan sebagai :
A. Secara umum,istilah menu dapat
diartikan sebagai daftar nama-nama makanan da minuman yang tersedia dan siap
untuk dihidangkan untuk semua yang berkunjung kesuatu tempat penjualan makanan.
B.Dari sudut pandang tamu
restoran,menu diartikan sebagai daftar makanan dan minuman yang ditulis disuatu
susunan kertas atau karton dengan ukuran tertentu dan didesain secara
menarik.Daftar makanan ini dapat dipilih sesuai selera tamu.
C.Dari sudut pandang pada jamuan
makanan,menu merupakan daftar urutan makanan yamg disajikan pada acara jamuan
makanan.
D.Dari sudut pandang
pramusaji,menu merupakan suatu daftar nama-nama makanan dan minuman yang dijual
kepada tamu dan harus disajikan dengan cepat apabila tamu memesan makanan
tersebut.
Menurut Na'imuddin
D.P dan Mhd.Yunus (1998 : 42 )
pada dasarnya dapat 2 pengertian menu.
Pengertian menu tersebut :
1. Sebagai daftar yang memuat nama-nama makanan dan minuman yang
tersedia disuatu tempat penjualan makanan dan minuman seperti restauran,coffe shop,room
2. service,banquet,dan
lain-lain.yang disusun secara berurutan,rapi dan menarik sehingga dapat menarik
perhatian tamu untuk mencoba makanan yang ada dalam menu tersebut.
Menyangkut tentang susunan makanan atau komposisi makanan
yang akan disediakn atau disajikan ditempat penjualan makanan.
Umumnya "menu"
mempunyai tiga macam arti :
1. Menu sebagai "daftar makanan"
(pada umumnua dicantumkan pula harganya)
2.Sebagai makanan yang
disajikan,menu dapay berati sebai hidangan yang disajikan pada waktu tertentu :
misalnya makan pagi (Breakfast),makan
siang, (Lunch Menu) makan malam,(Dinner).
Menurut Listen Ambarita
(1999 :8 ), ada 2 dasar fungsi menu yaitu sebagai berikut : 1.Menu
menetapkan kebutuhan yang harus disediakan dan disiapkan untuk operasional
sebuah restoran.
2.Menu merupakan alat koordinasi
untuk melaksanakan tujuan manajemen hotel.
Dari kedua fungsi dasar
tersebut,maka dapat diuraikan kegunaan menu yang meliputi
o. Menu Menetapkan bahan-bahan makanan yang akan
dibeli oleh bagian Purchasing.Dengan adanya daftar makanan
yang ada dimenu,maka bagian Purchasing
o
Menu dapat mengatur gizi
yang terkandung didalam hidangan yang disajikan.
o
Menu mempengaruhi jumlah
karyawan yang dibutuhkan.Apabila jumlah menu
makanan maupun minuman banyak,maka otomatis jumlah karyawan akan banyak
pula agar penyajian menu tersebut dapat terlaksana dengan cepat dan tepat.
o
Menu mengatur kebutuhan
akan peralatan yang digunakan dalam penyajian makanan dan minuman.Dengan adanya
menu makanan yang dipesan tamu maka pramusaji akan mempersiapkan peralatan yang
sesuai dengan makanan yang dipesan.
o
Menu berguna dalam
penentuan set-up meja makan. o Menu
menentukan pelayanan bagian depan yang ditampilakan. o Menu sebagai pedoman prosedur cost control.
o
Menu memegang peranan yang
sangat penting dalam penentuan dekorasi bagian depan.
o
Menu juga mengatur
kebutuhan-kebutuhan untuk pelayanan.
2.2 Jenis-Jenis Menu
Didalam
sebuah restoran dikenal berbagai Menu.Menu tersebut menandakan apa yang akan
diperoleh dari restoran itu termaksuk pelayanan,jenis makanan dan harganya.
Menurut Na' imuddin D.P dan Mhd
Yunus. ( 1998: 43- 45 ) ada berbagai jenis menu yang merupakan sebagai
daftar dan digunakan diseluruh outlet penjualan Food and Beverage Departement
adalah sebagai berikut :
1.
A La Carte Menu
Merupakan
suatu daftar makanan didalam menu yang memuat susunan jenis makanan yang
disediakan dioutlet penjualan dan masing-masing jenis makanan tersebut telah
dicantumkan harganya dan komposisi setiap jenis makanan sehingga setiap tamu
hotel dapat lebih mudah dan leluasa memilih menu yang sesuai dengan keinginan
dan kemampuan membayarnya.
Biasanya
jenis menu yang tersedia mulai dari Appetizer
(makan pembuka selera), Main course (
makanan utama ), Dessert (makanan
penutup ) dan jenis minuman lainnya. Dalam A La Carte Menu ini ada waktu
menunggu untuk makanan yang akan disajikan pada tamu.
2. Table D'hote
Menu ini disebut
fixed menu karena menu telah disusun dalam komposisi satu set makanan yang
diurutkan mulai dari makanan pembuka ( Appetizer
) , sampai makanan penutup ( Dessert) atau ditambah dengan minuman
panas ( Hot Beverage).Harga yang
dicantumkan hanya satu dan harga ini sudah termaksuk keseluruhan makan
tersebut.Ada kalanya susunan menu ini tidak dibuat mulai dari appetizer tapi
langsung dengan Soup dan seterusnya
3.
Special today ( Chef's Suggestion Menu)
Menu ini
disediakan oleh restoran sebagau menu istimewa pada hari itu.Jenis hidangan ini
tidak dicantumkan dalam daftar menu setiap harinya.
Pada jenis menu ini terdapat beberapa macam makanan yang
terbaik direstoran itu dan makanan dimenu itu tidak tercantum dalam daftar A La
Carte Menu. Masingmasing makanan dan harganya harus diganti setiap hari
sehingga tamu tidak merasa bosan terutama tamu yang sering makan di restoran
tersebut.Menu ini disebut juga dengan menu harian.
4.
Doorknob Menu
Menu ini
hanya terdapat pada room Servoce dan digunakan oleh tamu hotel untuk memesan
makan pagi ( Breakfast).Menu sudah disediakan room boy dikamar tamu,dan tamu
mengisi Doorknob menu pada malam hari dan mengantunggakan Doorknob tersebut
pada tombol pintu sebelah luar.Kemudian petugas room service mengambil doorknob
menu setiap kamar tamu yang memesan.
5.
Banquet Menu
Jenis menu
ini tidak jauh berbeda dengan Table d'hote menu,perbedaanya hanya pada tujuan
menu tersebut.Banquet menu ini dipergunakan dan disediakan khusus acara banquet
atau untuk perjamuan pesta khusus saja. Pesta-pesta khusus tersebut misalnya:
•
Pesta Perkawinan (Wedding
Party)
•
Pesta Natal ( Christmas Eve
Dinner)
•
Pesta Hari Raya Lebaran (
Lebaran Party)
•
Perjamuan Kenegaraan (State
Banquet )
•Pesta Ulang Tahun ( Brithday
Party )
Masing-masing
pesta tersebut ditandai dengan hidangan khusus yang dihias indah dan menarik.
Banquet Menu ada yang sudah mempersiapkan permanen dan ada juga disusun jika
ada yang memesannya.Sementara pencantuman menu dimeja-meja pesta sudah lazim
dilakukan karena sifatnya hanya menginformasikan kepada tamutamu makanan apa
yang disajikan dalam acara pertemuan.
6.
Room Service A La Carte
Menu ini sama dengan A La Carte Menu
untuk restoran dan coffe shop,namun penempatanya didalam kamar tamu
hotel.Biasanya tamu memilih menu yang disukainya serta memesannya ke Room
Service melalui pesawat telpon.Pada umunya harga makanan pada menu Room Service
sedikit lebih tinggi dari coffe shop karena cost untuk menyajikan pesanan
tersebut diantar kekamar-kamar yang telah memesan makanan tersebut.
7.Breakfast Menu
Merupakan
daftar khusus untuk sajian makanan pagi yang terdiri dari A La Carte
BreakFast.Untuk A La Carte Breakfast masing-masing jenis makanan dicantumkan
harganya sedangkan untuk Set Menu BreakFast,satu harga untuk satu set makan
pagi.
Set Menu breakfast yang
disediakan dihotel umumnya ada 2 macam yaitu :
• Continetal Breakfast
Merupakan makan
pagi yang ringan, biasanya terdiri dari minuman toast atau rolls. Harga
Continetal Breakfast biasanya lebih murah dari American Breakfast.Ini biasanya
terdiri dari :
-Choice of fresh fruit juice or
fresh fruit
-Toast with butter and jam or
marmalate
-Coffe with milk or tea with milk
or slice lime.
•American Breakfast
Komposisi menu American Sama dengan Continental Breakfast,hanya saja
ditambah egg any style with bacon or ham or sausage and meat desses.
Menurut Listen
Ambarita ( 1999 : 1 ), ada 2 macam lagi jenis menu yaitu sebagai berikut
:
-Pool Slide Menu
Menu yang
disediakan untuk restoran yang berada diarea kolam renang,disediakan bagi tamu
hotel yang sedang dan dalam keadaan basah yang tidak mungkin kecoffe shop atau
restoran untuk makan dan minum.Menu yang disediakan biasanya lebih ringan.Bila
tamu menginginkan makanan tertentu,maka pramusaji akan mengorderkan ke Main
Kitchen . -Children Menu
Menu yang
diperuntukkan bagi anak-anak.Biasanya menu ini terpisah dengan menu untuk orang
dewasa.Disamping itu jumlah makanan tidak sebanyak orang dewasa untuk sati
porsinya dan harganya lebih murah.
2.3 Ruang Lingkup A La Carte Menu
A La Carte
Menu merupakan suatu daftar menu yang memuat susunan berbagai jenis makanan
yang disediakan dioutlet penjualan makanan dan masing-masing jenis makanan
diberikan harga dan komposisinya,Sebagai suatu daftar makanan,Menu A La carte
sebaikanya didesain sedemekian rupa untuk dapat menarik minat tamu hotel agar
mereka mau mencoba dan menikmati makanan yang ditawarkan.
Menurut Na' imuddin D.P dan Mhd. Yunus ( 1998 : 44 ), ada beberapa
hal yang diperlukan diperhatikan dalam pembuatan menu A La Carte :
1. Pemilihan wadah atau tempat
yang digunakan
Wadah yang biasanya dipergunakan untuk mencantumkan
nama-nama makaanan tersebut adalah kertas karton yang berkualitas tinggi,lux
tebal agar kertas tidak mudah koyak atau sobek pada saat tamu memegang dan
melihat menu itu.
2.Penulisan tulisan dan bahasa
yang dipergunakan
Penampilan tulisan ( bentuk huruf,angka) menu A La carte
harus indah dan menarik.Penulisan nama,komposisi dan harga makanan harus
ditulis dengan jelas dan tidak boleh ada coretan-coretan atau tindasan.Selain
bentuk tulisan boleh diberi gambar setiap makanan yang ada pada A La carte menu
harus sesuai dengan hidangan yang akan disajikan pada tamu agar tamu tidak
merasa kecewa.Selain penampilan bentuk tulisan bahasa yang dipergunakan dalam
menulis nama,komposisi dan harga harus dimengerti oleh masyarakat umum.
3.Penyusunan daftar makanan
Penyusunan daftar makanan dan minuman pada menu harus sesuai
dengan entree sehingga pemesan dapat menyusun komposisi menunya sendiri.Didalam
menu A La Carte,nama-nama makanan harus unik dan jarang didengar masyarakat
luas karena nama dari suatu makanan mempengaruhi keinginan para tamu untuk
mencoba dam menikmati makanan tersebut.
Menurut Jumbadi. (1997 : 16 ) A La Carte menu mempunyai
beberapa karakter atau ciri-ciri sebai berikut :
a.
A La Carte Menu mecantumkan
harga daftar makanan yang lengkap dan menarik dan disediakan oleh suatu
restoran.
b.
A La Carte Menu memberikan
peluang yang cukup luas pada pelanggan untuk memilih makanan yang sesuai dengan
selera merekam
c.
Masing-masing makanan
diberikan harga secara terpisah dan tersendiri, Beban harga yang harus dibayar
sesuai dengan harga makanan yang dipesan.
d.Makanan akan dibuat apabila dipesan,Dengan demikian setiap
pesanan memerlukan jangka waktu untuk menunggu hingga makan tersebut siap
dihidangkan.
2.4 Sejarah Restoran
Restoran berasal dari kata “ RESTORE” yang artinya mengembangkan atau memperbaiki
dan pengembalian atau pengulangan dari kata Restore ( Restoration) yang
Kemudian berubah menjadi Restaurant dalam bahasa Inggris dan Indonesia menjadi
Restoran.
Restoran adalah sarana penjualan dan
penyajian makanan serta minuman dimana usaha Bertujuan mendapatkan laba dan
keuntungan yang tercantum dalam defenisi
Prof.
Vanco Christian dari School Hotel
Adminitrasion di Cornell University. Selain bertujuan untuk bisnis dan
mencari keuntungan ,maka tujuan yang
paling utama adalah untuk membuat tamu merasa puas dengan apa yang akan didapat
sewaktu berkunjung dihotel tersebut.
pada tahun 1765, Mr. Boulangere membuka sebuah restoran di Paris dan memajangkan
poster besar didepan restoran itu untuk
mengumumkan makanan yang dapat dipesan pada hari itu dan Menu A La
Carte yang pertama sekali
dipergunakan direstoran itu.
Pada usaha dan jasa , Menu memegang
peranan yang sangat penting karena menu Merupakan jembatan yang menghubungkan
perusahaan hotel dan restoran dengan tamu.Dalam penyusunan menu memerlukan
pengetahuan dan pengalaman yang cukup banyak dalam bidang pengolahan maupun
penyajian makanan. Karena restoran juga merupak usaha jasa pangan maka tempat ini juga digunakan untuk menjual
makanan dan minuman. Sebagai suatu usaha yang bergerak dibidang jasa pangan,
maka restoran dapat diselenggarakan didalam lingkungan suatu hotel atau pun usaha
jasa pangan makan tempat ini juga dipergunakan untuk menjual makanan dan
minuman.Sebagai suatu usaha yang bergerak dalam jasa pangan,maka restoran dapat
diselenggarakan didalam lingkungan suatu hotel ataupun usaha yang berdiri
sendiri yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pihak hotel. Jika
restoran dibuka dalam lingkungan hotel makan restoran tersebut merupakan
fasilitas hotel,yaitu sebagai salah satu unit dari Food and Beverage Division (
salah satu selling outlet ).Untuk aspek utama sangat menentukan keberhasilan
suatu restoran adalah :
•
Lokasi harus strategi dalam
pengertian mudah dikunjingi,memiliki ruang yang representive sehingga membuat
pengunjung benar-benar merasa nyaman didalamnya.
•
Makanan dalam keadaan fresh
dengan cita rasa relatif dan sesuai berdasarkan keinginan selera pemesannya.
•
Kelengkapan peralatan yang
dimiliki.yaitu peralatan makan san penyajiannya.Pearalatan tersebut disamping
harus lengkap dan harus berkualitas sesuai kinerja suatu hotel.
•
Kesadaran dari setiap
karyawan yang dalam arti penting dalam mutu pelayanannya sehingga pelaksanaan
tugas penyajian dapat terlaksana dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab
sehingga berhasil membangun kepuasan bagi setiap tamu.
Tipe-tipe dasar pelayanan di
restoran
Tipe-tipe dasar pelayanan makanan direstoran pada umumnya
dapat digunakan untuk membedakan kategori suatu restoran.Ada 4 (empat) jenis
tipe dasar pelayanan direstoran yaitu:
• Table service
Adalah suatu sistem pelayanan restoran dimana para tamu
duduk di kursi menghadap meja makan dan kemudian makanan dan minuman di antar
ke meja tamu dan kemudian disajikan kepada tamu. Dalam hal ini yang menyajikan
makanan dan minuman adalah waiter/ess.
• Counter Service
Adalah suatu sistem pelayanan direstoran dimana para tamu
yang akan datang langsung kecounter dan apabila makanan dan minuman yang
dipesannya sudah siap maka langsung disajikan kepada tamy dicounter
semula.Petugas yang menyajikan makanan dan minuman biasanya waiter/ess atau
langsung diantar oleh juru masaknya.
• Carry Out Service (take out service)
Adalah suatu daftar sistem pelayanan restoran dimana tamu
datang untuk membeli makanan yang telah siap untuk disajikan terlebih
dahulu,dibungkus dalam kotak untuk dibawa pergi.Jadi makanan tidak dinikmati
ditempat itu,Mungkin dibawa pulang atau ditempat lainnya.Dalam hal ini harga
makanan dan minuman umumnya lebih murah dibandingkan dengan restoran pada
umumnya sebab perusahaan tidak menyediakan peralatan-peralatan yang mewah dan
lengkap.
• Self Service
Adalah suateu sistem pelayanan direstoran dimana semua
makanan secara lengkap mulai dari appetizer sampai dessert yang telah ditata
dan diatur dengan rapi diatas meja prasmanan.Para tamu bebas memilih atau
mengambil sendiri hidangannya sesuai dengan selera dan kesukaan
mereka,sedangkan untuk minuman panas seperti teh atau kopi pada umumnya
disajikan kepada tamu oleh petugas restoran.
2.5 Jenis-Jenis Restoran
Adapun jenis-jenis restoran
yang terdapat dalam sebuah restoran yaitu :
2.5.1 Main Dining Room
Main Dining Room adalah suatu
restoran atau ruang makan utama yang pada umumnya terdapat dihotel-hotel
besar,dimana penyajian makanannya secara resmi,servis bisa mempergunakan
pelayanan ala Perancis atau Rusia.Tamu-tamu yang hadir pada umumunya berpakaian
resmi atau formal.
2.5.2 Speciality Restaurant
Speciality
Restaurant merupan restoran yang suasana dan dekorasi seluruhnya disesuaikan
dengan tipe khas makanan yang disajikan atau temanya.RestoranRestoran semacam
ini menyediakan masakan Cina,Jepang,India,Italia,dan sebagainya.
2.5.3 Coffe Shop
Adalah restoran yang pada umumnya Berhubungan dengan
hotel,suatu tempat dimana tamu bisa mendapatkan makan pagi ( Breakfast) makan
siang ( Lunch ) dan makan malam
( Dinner ) secara tepat dan dengan harga yang cukup murah.
Kadang-kadang penyajiannya
dilakukan dengan cara buffet atau prasmanan.
2.5.4 Supper Club
Supper Club adalah suatu
restoran yang pada umumnya mulai dibuka menjelang larut malam,menyediakan makan
malam bagi tamu-tamy yang ingin santai.Dekorasinya mewah, dan juga
pelayananya.Para tamu dituntut untuk berpakaian resmi dan rapi.
2.5.5 Terrace Restaurant
Terrace Restaurant adalah
suatu yang terletak diluar bangunan,namun pada umunya masih berhubungan dengan
hotel maupun induk restoran.
2.5.6 Grill Restaurant/Steak House
Grill
Restaurant kadang-kadang disebut juga dengan steak house karena merupakan suati
restoran yang menyediakan bermacam-macam daging panggang.Pada umumnya Antara
restoran dengan dapur yang dibatasi oleh sekat dinding kaca sehingga para tamu
dapat memilih sendiri daging dikehendaki dan melihat sendiri bagaimana caranya.
2.6 Operasional Restoran
Pada umumnya
tata hidangan direstoran diselenggarakan dalam tata cara pelayanan meja ( Table service ) dan tata cara ( Buffet Service ).Dari kedua tata cara
ini,table service merupakan pelayanan yan paling sulit dilakukan karena
membutuhkan kemampuan serta keterlampilan yang tinggi dari setiap pramusaji
untuk itu didalam tata cara pelayanan meja terdpat pula beberapa model
pelayanan yang dimiliki ketentuan dan teknik tersendiri.Model pelayanan
tersebut adalah :
2.6.1 American Service
Nama lain dari
American service ini adalah Ready on
Plate service atau disebut juga dengan Quick
Service. Biasanya dipakai di Coffe
shop yang pada umumumnya berhubungan dengan hotel, Cara penyajiannya adalah
sebagai berikut: -Semua makanan yang dihidangkan dari sebelah kanan
tamu,makanan pokok sudah terhidang didepan tamu.
-Piring kotor diambil dengan
tangan kanan dari sebelah kanan tamu.
-Gerakan pelayanan searah dengan
arah jarum jam.
-Sifat pelayanan sederhana,tidak
bersifat resmi dan juga cepat.
2.6.2 Continental Service
Bentuk Service ini
disebut juga dengan Frech Service atau Guerdorion
Service.Sistem pelayanan ini
sangat cocok untuk makanan barat terutama untuk makanan yang langsung
dipersiapkan dan dimasak didepan tamu (Flaming
Dishes dan Carving).Cara penyajiannya adalah sebagai berikut :
-makanan diatur bagian dapur diatas platter sementara piring
kosonng berikut clamp,rechaund,stove,pan,dan
sebagainya sudah harus dipersiapkan diatas gueridion lalu dibawa didepan tamu.
-makanan dimasak didepan tamu selanjutkan dipindahkan
kepiring tamu satu per satu dengan menggunakan alat bantu kepada tamu.
-Makanan dihidangkan dari sebelah kanan tamu dengan
menggunkan tangan kanan searah dengan jarum jam.
-mengambil peralatan kotor harus
dari sebelah kiri dengan tangan kanan.
2.6.3 English Service
Cara
penghidangan English service ini mirip dengan cara pelayanan yang dilakukan
dirumah ketika mengajak tamu untuk makan dirumaj dan sifatnya cendrung bersifat
kekeluargan.Cara Penyajiannya sebagi berikut :
-Makanan dihidangkan dari sebelah
kanan.
-Makanan ditaruh diatas platter
oleh bagian dapur diletakkan diatas meja .
-Para tamu dapat mengambil sendiri makanannya atau bisa saja
pramusaji yang bertugas mengambilkannya.
2.6.4 Internasional Service
Internasional
Service disebut juga Rusian service ataupun platter service.Cara pelayanan ini
banyak digunakan direstoran seperti :Dinning
Room,Grill Room,Supper Club atau jamuan bersifat resmi.Cara penyajiannya
adalah :
Ø
Makanan dipersiapkan
terlebih dahuli oleh pihak dapur diatas platter lengkap dengan hiasan yang
telah disusun.
Ø Piring kosong disiapkan terlebih dahulu didepan tamu.
Ø Platter yang berisi makanan harus dibawa dengan tangan kiri.
Ø Makanan dihidangkan satu persatu kepiring tamu.
Ø Cara menghidangkannya harus menggunakan Clamp dengan tangan
kanan.
2.6.5 Chinesse Service
Ada pun sistem
pelayanan pada Chinesse Service ini disebut juga dengan cost by cost
service.Cara pelayanan ini sebagai berikut :
-Pada umumnya meja diset-up dengan Chopstick dan Duckspoon
serta peralatan ala chinesse lainnya.
-Meja dibuat dalam bentuk bulat dan 2 tingkat .Bagian
atasnya lebih kecil dan dapat diputar.
-Tamu duduk dalam satu meja
memesan menu yang sama.
-Pramusaji harus siap sedia
didekat tamu.
2.6.6 Buffet Service
Buffet serfice disebut juga Prasmanan.Dalam acara ini para
tamu diperkenankan untuk mengambil dan memilih makanan yang telah diatur diatas
meja buffet.Cara penyajiannya adalah sebagi berikut :
-Meja buffet disediakan sesuai dengan
jenis dan jumlah makanan,kemudian didekorasi dengan baik dan dapat menarik
perhatian tamu.
-Jenis makanan diatur berdasarkan
kelompok makanan yang dilengkapi peralatan untuk mengambil makanan tersebut.
-Makanan panas diletakkan dalam
pemanas makanan san untuk mengambilnya mempergunakan sepang clamp.Alat-alat
makanan disediakan dimeja makan.Tamu dapat mengambil sendiri makanan yang telah
disediakan,
2.7 Restoran Merupakan Sarana Penyelenggaran A La Carte Menun Yang
Fleksibel
Menu A La Carte biasanya
tersedia dan disajikan dicoffe shop,Room
Service,Restoran,Banquet.Dalam penyajiannya Menu A La Carte tamu harus
dituntut menunggu dengan sabar makanan yang dipesannya untuk disajikan
dihadapannya karena makanan yang dipesan tersebut terlebih dahulu dibawa
pramusaji kebagian kitchen untuk diolah dan dipersiapkan.Pramusaji juga
dituntut cepat dan cekatan menyajikan hidangan tamu itu agar tamu tidak merasa
bosan pada saat menunggu.
Dalam Penyelenggaran A La
Carte Menu ada Beberapa keuntungan yang didapat bagi para tamu antara lain :
• Tamu lebih mudah
dan leluasa dalam memilih makanan atau minuman yang disenangi.
• Tamu dapat
mengetahui komposisi makanan dan minuman itu sendiri.
• Tamu dapat
menyelesaikan makanan dan minuman pilihanya dengan kemampuan keuangannya.
Restoran merupakan sarana dalam pembuatan menu A La carte,
Karena A La carte memberikan keutungan terhadap tamu dan juga karywan hotel.
Menu dapat
mempengaruhi jumlah karyawan yang dibutuhkan,apabila jumlah makanan maupun
minuman banyak,maka otomatis jumlah karyawan akan banyak pula agar penyajian
menu tersebut dapat terlaksana dengan cepat dan tepat,Menu juga mengatur
kebutuhan akan peralatan yang digunakan dalam penyajian makanan dan
minuman.Dengan adanya menu makanan yang dipesan tamu,maka pramusaji akan
mempersiapkan peralatan sesuai dengan makanan yang dipesan.Dan menu A La carte
Memegang penting peranan dalam penentuan dekorasi bagian depan.
semoga bermanfaat jika ada kata yang saya ketik salah saya minta maaf , maaf juga tidak ada ilustrasi gambar
GOMENNASAI
0 komentar:
Posting Komentar